Sabtu, 27 Oktober 2012

Tentang guru kulo Al Habib Abdul Hadi bin Zein Baraqbah

Tentang guru kulo Al Habib Abdul Hadi bin Zein Baraqbah


Sebenarnya sudah lama saya ingin menuliskan setiap perkataan dari guru saya al habib Abdul Hadi bin Zein Baraqbah tetapi kemalasan ini selalu menghalangi keinginan saya. Padahal sebuah ilmu itu perlu dicatat, supaya bisa dipelajari terus menerus dan manusia itu mempunyai sifat pelupa, bisa jadi gara-gara tidak dicatat yang ada ilmu yang didapat hilang entah kemana.

Guruku ini menurutku luar bisa tawadhunya, beliau jjuga dalam menyampaikan ilmunya tidak main-main, tidak asal ngomong. Yang beliau sampaikan kepada saya, pasti sudah dilakukan terlebih dahulu atau beliau sudah membuktikannya dahulu. Kadangkan ada yang memberi ilmu tetapi cuma "JARKONI"(ngaJAr oRa dilaKONI), itulah kenapa saya sangat mantep dengan beliau.

Selama saya berguru dengan beliau, alhamdulillah banyak perubahan yang saya alami yang paling mencolok perubahan dalam diri ini adalah yang dulunya saya tidak nurut sama orangtua sekarang agak mendingan.

Guruku sangat bermasyarakat, beliau bisa memposisikan keadaan ketika memberikan ilmunya. Dengan perumpaan-perumpaan yang tepat yang tidak menyinggung perasaan sang tamu. Adab beliau sama tamu saya acungi jempol deh, tua muda kaya miskin semuanya diterima dan dirangkul. Beliau juga sangat handal dalam memposisikan keadaan kalau ada yang tamu. Meskipun umurnya sudah terbilang sepuh, apabila yang datang atau bertamu anak muda beliau ajak bercanda dengan hal-hal yang bermanfaat, pokoknya salut sama beliau.

Selama ini baru kutemui guru seperti beliau, itu sebabnya yang membuat saya sering pulang ke Tegal.
Saya pulang ke Tegal yang pertama cuma ingin bertemu sama orangtua dan yang kedua sowan ke guru saya yaitu al habib Abdul Hadi bin Zein Baraqbah.
Do'a saya untuk beliau "Ya Allah dengan beliau lah aku merasa nyaman, aku merasa bahagia, aku merasa hidup itu bermakna, beliau lah yang mengenalkanku untuk lebih dekat dengan Mu dan Rosul maka berikanlah umur yang panjang untuk beliau, berilah kesehatan untuk beliau, aamiin".

3 komentar:

  1. nya bnar.
    terkdang juga manusia hnya perpedoman dgn sesamannya.!!
    salam buwat hadi bin zain baraqbah beserta kelurganya........

    BalasHapus
  2. salamkan salam hormat saya pada beliau Habib Abdul Hadi bin Zein Al Baraqbah

    BalasHapus
  3. salam buat beliau habib abdul hadi bin zaen baraqbah....

    BalasHapus